Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman) Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Tanjung Morawa, Belawan, Binjai, Medan Sekitarnya di bawah ini.

7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman)

Update:
Akses Situs Ini Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Menginstall APP Android OP.KARIR.BID pada Smartphonemu. Klik Disini Untuk Menginstall

KARIRCIKARANG.NET: 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman) - Update 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman), Loker 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman) terbaru di 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman)

luca-bravo-207676-v1

Masalah ekonomi kita sudah membuat banyak perusahaan mengencangkan ikat pinggang, mengurangi biaya operasional dan menurunkan perekrutan. Fakta bahwa lulusan universitas sudah menjadi keharusan dan bukan pengecualian serta negara memiliki lebih banyak pencari kerja dibandingkan lowongan kerja yang tersedia meyebabkan seorang professional yang sudah berpengalaman bertahun-tahun pun masih berusaha keras untuk membuat CV yang lebih baik dari yang lain untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

 

Ini adalah kenyataan yang terjadi pada setiap negara di dunia saat ini. Hanya dengan berpendidikan tinggi, keahlian dan pengalaman yang relevan sudah tidak mencukupi – yang terpenting adalah kesan bagi HRD yang kamu ciptakan pada CVmu. Penyajian, relevansi isi, kejelasan dan personalisasi – faktor-faktor penting inilah yang biasanya diabaikan oleh pencari kerja yang menentukan nasib sebuah CV.

 

Apakah kamu melakukan kesalahan-kesalahan berikut? Mungkin karena hal inilah kamu belum dipanggil interview:

  1. Tidak Ada Pernyataan Intro

CV yang efektif harus dimulai dengan penyataan intro yang jelas dan ringkas. Maksudnya mampu memberikan gambaran latar belakang profesionalmu dan menjelaskan apa yang kamu sukai. Hal ini akan membuat CV menjadi lebih manusiawi sehingga HRD bisa terhubung dengan kamu pada tingkat yang lebih dalam.

 

  1. Informasi Yang Berlebihan

Kamu mungkin memiliki pengalaman 10 tahun, tapi tidak perlu mencatat detailnya. Informasi yang berlebihan menyebabkan pembaca kehilangan minat. Lebih sedikit itu lebih baik. Buat agar resume tetap sederhana, ringkas dan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tempatkan dirimu pada posisi HRD (atau tanyakan pada teman yang netral untuk meninjau CVmu), dan jujurlah pada diri sendiri. Apakah CVmu menarik atau relevan? Jika tidak, hapus.

 

  1. Prestasi Yang Tidak Jelas

Saat menjelaskan pencapaian, kamu harus jelas dan spesifik. Jauhkan kata kerja yang lemah seperti “mengurus” dan “mengkoordinasikan” – kata-kata ini terlalu umum. Gunakan kata kerja yang kuat seperti “memprakarsai”, “mempelopori”, “mengawasi”, dan sebisa mungkin gunakan angka untuk mengukur pencapaian. Katakan kamu meningkatkan penjualan X% atau berhasil menyelesaikan dalam 24 jam dari 3 hari waktu yang ditetapkan, dengan demikian memberikan ilustrasi yang lebih jelas mengenai kemampuanmu pada HRD.

 

  1. Kurangnya Kepribadian

HRD sering mencari petunjuk mengenai kepribadian calon pegawai dalam CV, disamping kemampuan dan pengalaman yang biasanya seperti bakat artistik, bakat kewirausahaan atau sesuatu yang lain. Jika kamu tidak pandai menulis, mintalah copy writer untuk mengerjakannya karena CVmu memiliki satu tugas yang sederhana yaitu memberikanmu sebuah interview.

 

  1. Konten Yang Tidak Relevan

Membuat CV yang ringkas dan mengunakan poin dapat meningkatkan minat HRD untuk tetap membaca CVmu sampai selesai. Kurangi penggunaan istilah teknis sebanyak mungkin – istilah cenderung tidak jelas dan membingungkan yang dapat menyebabkan HRD berhenti membaca.

Selalu memandang CV dari sudut pandang HRD – apakah ada sesuatu yang bisa menghubungkan pengalaman kerja tertentu dengan lamaran pekerjaan? Jika kemampuan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, ringkasan singkat akan cukup. Fokus pada informasi yang paling tepat diawal dan jaga agar tetap pendek dan manis.

 

  1. Tidak Layak Untuk Dibaca

Apakah CVmu dipenuhi dengan paragraf yang panjang dan penuh dengan kata-kata? Apakah kamu menggunakan format tebal dan format miring untuk menyorot kata kunci dan frasa? Apakah ada spasi yang cukup antar bagian dan paragraf agar tetap bersih dan nyaman untuk dibaca? Apakah ada ukuran hurufnya terlalu besar atau telalu kecil?

Kelayakan untuk dibaca merupakan faktor penting yang bisa membuat pembaca tetap membaca. Kamu harus membuat CV semudah mungkin untuk diarahkan – saat membuat kesan positif pengalaman membaca sama pentingnya dengan kualitas isi.

 

  1. Kesalahan Ejaan dan Gramatikal

Terakhir, selalu gunakan pemeriksaan ejaan dan terkoreksi sebelum mengirimkannya. Tidak ada yang lebih tidak profesional daripada menyerahkan CV yang penuh dengan kesalahan ejaan dan gramatikal. Jangan lakukan kecerobohan dengan tidak peduli untuk memeriksa ejaan yang ada dalam CVmu.

Jika kamu tidak fasih berbahasa Inggris, minta teman untuk membantu atau seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minta copy writer untuk mengerjakannya. Calon pemberi kerja akan menghargai komitmen dan usahamu dengan memberikan bonus nilai. Ingatlah, CVmu hanya memiliki 1 tugas: untuk membawa kakimu ke depan pintu HRD.

Image Source: Photo by Luca Bravo on Unsplash

7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat CV (Bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman) | Bang Naga | on | Rating 4.5
Lowongan BUMN Terbaru
Lowongan Kerja Medan Terbaru di PT Sentra Mitra Alih Daya
Lowongan Kerja Medan CONTENT MARKETING di PT RackH Lintas Asia - RackH
Info Loker Medan Terbaru di PT Bangun Multi Berkat Medan
Info Loker Medan Februari 2018 di PT Dyokara Nusantara Medan
Informasi Terbaru Loker Medan di PT Cakrawala Citramega Multifinance Medan
Lowongan Kerja Medan KASIR di New Village Family SPA & Reflexologi Medan
Lowongan Kerja Medan PROGRAMMER di PT RackH Lintas Asia
Informasi Loker Medan Terbaru di Unistar Service Center VGen Medan
Lowongan Kerja Medan Terbaru di Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Medan
10» Lowongan Kerja Medan Terbaru Marketing Elektronik di PT. Finansia Multi Finance Medan - Kredit Plus
11» Lowongan Kerja Medan Terbaru di MAHARANI FOOD Medan
12» Lowongan Kerja Medan Terbaru di PT Asuransi Cigna Indonesia - URGENT
13» Lowongan Kerja Medan Branch Sales Manager PT Mandala Multifinance, Tbk
14» Informasi Loker Medan Terbaru Februari 2018 di CV Generasi Tiga - Walk In Interview
15» Dibutuhkan Segera MANAGER di PT Sumatera Beton Mandiri
Selengkapnya >>
Selengkapnya >>
  • 7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Membuat Cv (bahkan Sebagai Profesional Yang Sudah Berpengalaman)
  • Menghargai Kinerja Perempuan
  • Skill Penting Yang Harus Dimiliki Seorang Engineer
  • 8 Cara Simple Menciptakan Lingkungan Kantor Sehat
  • Trik Dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar
  • 5 Tip Wawancara Kerja Untuk Menciptakan Kesan Yang Mendalam
  • Apa Pekerjaan Hrd?
  • Biarkan Pekerjaan Mencari Anda
  • Mendapatkan Pekerjaan Di Usia 40 Tahunan
  • Pekerjaan Yang Cocok Dengan Kepribadianmu
  • Yakin Kamu Tidak Terkena Stres Karena Pekerjaan? Cek Dulu Gejalanya!
  • 5 Soft Skills Yang Perlu Dikuasai, Agar Menonjol Sebagai Engineer
  • 4 Kualitas Terburuk Para Bos Dan Bagaimana Menghadapinya
  • Apa Yang Perekrut Cari Ketika Meng Googling Dirimu
  • Strategi Mencari Pekerjaan
  • Karier Apa Yang Cocok Untuk Saya? 6 Prinsip Untuk Menemukan Panggilan Dirimu
  • Tips Menunggu Penggilan Kerja – Maksimalkan Waktu
  • 7 Sifat Yang Akan Membuatmu Menjadi Rekan Kerja Favorit
  • Tips Mengikuti Job Fair
  • 4 Kemampuan Yang Paling Dicari Hrd. Kamu Punya Salah Satunya?
  • Jangan Pernah Menerima Penawaran Kerja Jika Kamu Menemukan 7 Tanda Ini
  • Bekerja Bukan Hanya Sekedar Gaji
  • Millenial, Hindari Kata Kata Berikut Dalam Resume Mu
  • 5 Tips Aman Mencari Kerja Secara Online
  • 4 Pertimbangan Ketika Mendapat Banyak Tawaran Pekerjaan
  • 8 Kesalahan Paling Umum Dalam Perubahan Karier Yang Harus Dihindari
  • Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Yang Berkualitas Untuk Pencarian Kerja
  • 5 Keuntungan Mencari Kerja Dibulan Desember …
  • Hati Hati Memilih Jasa Penyalur Tenaga Outsourcing
  • 6 Tanda Kamu Perlu Cuti Panjang Dan Pentingnya Untuk Kariermu
  • Mencari Karier Yang Memberi Arti Dan Penghargaan? Temukan Isyarat Dari Industri It Dan Teknologi