Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Tanjung Morawa, Belawan, Binjai, Medan Sekitarnya di bawah ini.

Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS

Update:
Akses Situs Ini Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Menginstall APP Android KARER.ID pada Smartphonemu. Klik Disini Untuk Menginstall

Home » Berita Hari Ini Kamis 18 Juli 2019 » Gosip Artist » Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Senin 15 April 2019, 19:26 WIB

Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS
Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS (Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah)
Yogyakarta - Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, Mada Sukmajati, menyebut ada money politics atau politik uang model baru di pemilu 2019. Money politics terselubung itu biasa disebut dana saksi di luar TPS. Apa itu?

"Mungkin nanti (ada) perluasan-perluasan seperti istilah saksi di luar TPS. Itu kan sebenarnya bentuk perluasan dari praktik politik uang," jelas Mada kepada wartawan di Digilib Fisipol UGM Yogyakarta, Senin (15/4/2019).

Menurut Mada, istilah saksi yang bertugas di luar TPS hanyalah akal-akalan calon agar uang transport yang diberikan tak dipermasalahkan Bawaslu. Padahal sejatinya praktik tersebut sama saja dengan money politics.

"Jadi (calon) menunjuk beberapa orang untuk menjadi saksi, tapi bukan saksi yang formal di dalam TPS. Dia (saksi di luar TPS) digaji dan dia nanti diminta untuk membawa beberapa temannya juga untuk mengawasi," paparnya.


"Dan semuanya kemudian diberikan uang untuk pembiayaan transport dan sebagainya. Ini bentuk sebenarnya praktik politik uang. Jadi mengalami perluasan masif tapi bentuknya sudah hampir sama di 2014 lalu," sambungnya.

Modus baru money politics ini, kata Mada, menyulitkan Bawaslu untuk menindak karena pelanggarannya sukar dibuktikan. "Pembuktiannya semakin sulit antara yang memberi dan menerima," ucapnya.

Selain dengan modus saksi di luar TPS, Mada memprediksi money politics berupa pemberian uang cash masih akan mendominasi di pemilu 2019. Kemudian pemberian sembako juga diprediksi masih akan marak dijumpai.


"(Kemudian) bantuan untuk ibu-ibu pengajian, untuk gereja, untuk (fasilitas lapangan) voly, untuk karangtaruna dan lain sebagainya. Tapi (praktik money politics) ini lebih di periode kampanye terbuka," tuturnya.

"Tapi kalau masa tenang dan hari H pemungutan suara (17 April) nanti hampir bisa dipastikan bentuknya (money politic) dana dalam bentuk uang cash maupun dalam bentuk sembako," tutupnya.


Simak Juga 'Bawaslu Siap Tidak Jika Ada Politik Uang di Pemilu 2019':

(ush/mbr)
Ada Politik Uang Model Baru, Namanya Dana Saksi di Luar TPS | Bang Naga | on Senin 15 April 2019, 19:26 WIB | Rating 4.5
Selengkapnya >>